Thursday, September 27, 2012

Random Access MAC PDU Format

MAC PDU untuk random access response dikirim sebagai balasan terhadap random access oleh UE. RAR tersebut terdiri dari MAC header dan satu atau lebih MAC Random Access Response (MAC RAR) seperti ditunjukkan pada gambar di bawah :

MAC RAR subheader berukuran tidak tetap dan terdiri dari extension (E), type (T), Backoff Indicator (BI), dan atau RAPID (Random Access Preamble Identifier). Field extension hanya satu bit dan berfungsi sebagai penanda apakah dalam dalam MAC subheader masih terdapat lagi subheader lain atau tidak. Field type juga hanya satu bit dan digunakan untuk menunjukkan apakah terdapat BI atau RAPID dalam subheader MAC RAR. Ukuran dari RAPID adalah 6 bit sebagai penanda bahwa terdapat 64 preamble yang dapat dipilih oleh UE. Jika terdapat BI pada subheader MAC RAR, maka UE akan mengeset backoff indicatornya ke nilai yang sesuai dengan BI pada subheader seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah :

Sebuah MAC RAR PDU terdiri dari tiga buah fields yaitu timind advance (TA), Uplink grant, dan T-CRNTI. Timing advance menunjukkan waktu pengaturan yang dibutuhkan agar UE dapat sinkron dengan timing pada eNB. T-CRNTI menunjukkan identitas sementara yang digunakan oleh UE sampai contention resolution berhasil atau sampai random access procedure lain dimulai. Ukuran dari setiap MAC subheader dan MAC RAR seperti terlihat pada tabeli di bawah :


No comments:

Post a Comment