Tuesday, January 27, 2015

SharpDevelop at First Glance

Pada postingan ini akan diperkenalkan tentang sharpdevelop. Disini akan diperlihatkan cara membuat project baru, menambakan item-item toolbox sharpdevelop, mengkompile/re/build project, dan merunning projectnya. Ummm.... Ok,, silahkan buka program sharpdevelopnya, begitu pertama kali dibuka akan muncul gambar berikut, cantik banget... :D

Kemudian pas udah masuk :
Eeum.... Tampilannya klasik, mirip-mirip eclipse eheheh... :D, terus sharpdevelop ini juga lebih terasa ringan dari visual studio dan juga eclipse. Begitu dibuka, loading dikit, trs udaaah... padahal pengen loading lama-lama biar liad gambar ikannya lebih lamaa hahaha... Waaah... First glance SharpDevelop kereun deh.... :-) Moga-moga nanti tidak mengecewakan karena banyak bugs atw fiturnya tidak memadai untuk pengembangan program di C#...Aamiin.. :-)

Ok... Terus... pada menu file, pilih new, terus pilih solution, atw boleh langsung tekan Ctrl+Shift+N seperti terlihat di bawah :

Terus pilih C#, pilih WPF, terakhir WPF Application, tambahkan juga namaproject dan lokasinya :
Terus, tinggal tekan tombol "Create", Nah... tampilan pertama yang bisa kita lihat :

Tab "Tools" di atas adalah tempat semua komponen-komponen GUI yang bisa langsung di drag ke mainWindow. Terus disini, bagian xml dipisain sama tampilan GUInya langsung, jadi agak beda yah dengan di visual studio :D. Terus coba kita tambahkan 1 button ke dalam main window, untuk itu pertama-tama klik tab "Design", dan tab "Tools", terus dari tab "Tools" tersebut drag 1 biji button ke main window :

Bagian "properties" ada disebelah kanan seperti terlihat pada gambar di atas, nah dari situ kita bisa mengubah konfigurasi button tanpa harus melalui kode xml secara langsung. Terus nama dari button bisa diisikan pada label "name", tepat di bawah kata "properties". Di sini nama button tersebut belum ada. Terus klu kita langsung double klik buttonnya, akan langsung lompat ke file cs-nya, sama persis dengan visual studio, cuman di sharpdevelop ini, kode bawaannya lebih menawan, bisa dilihat :
Yang perlu digaris-bawahi adalah kode yang di line 33, itu adalah kode bawaan dari sharpdevelop dan tidak boleh di eksekusi, makanya dijadiin comment di sini. Jadi yang dieksekusi ketika button di pencet hanya message box-nya saja :

Untuk menjalankan programnya bisa langsung tekan tombol "run" :

Atau klik kanan pada project, "pilih run project" :
Pada gambar diatas, terlihat bahwa kita juga dapat memilih Build, Rebuild, Clean, Set as StartUp Project, dsb....

Kemudian jika konfigurasi "debug" ingin diganti ke "release" :
Terusss... apa lagi  yah...???


Saya pikir cukup demikian,,, moga bermanfaat sesi pengenalannya ke SharpDevelop... :-)

No comments:

Post a Comment