Friday, March 6, 2015

Making Shared Resource for Threads using Mutex - C#

Postingan ini boleh dikatakan adalah lanjutan dari postingan mutex sebelumnya. Cuman di sini dipaparkan teknik yang agk advance dikit yaitu membuat variabel yang diakses oleh beberapa thread menggunakan mutex. Ok langsung saja buat project baru di visual studio 2010 :
Setelah masuk dimain program, buat class baru seperti terlihat di bawah :
Nah kelas myMutex diatas mempunyai dua biji variabel public yaitu sharedCount dan sharedMutex. Kedua variabel tersebut akan digunakan oleh 2 buah thread. sharedCount nilainya akan diubah-ubah oleh beberapa thread dan sharedMutex digunakan untuk menjaga sharedCount agar hanya dapat diakses oleh satu buah thread pada suatu selang periode tertentu. Kemudian tambahkan kelas thread pertama, kodenya seperti terlihat di bawah :
Seperti terlihat pada fungsi Go() dalam firstThread ini. Dia menambah nilai pada sharedCount. Dan sharedCount sendiri dijaga oleh sharedMutex (WaitOne & ReleaseMutex). Kemudian untuk kelas thread kedua :
Thread kedua ini sama saja dengan thread pertama, cuman di thread kedua nilai sharedCount dikurangi. Ok.. Selanjutnya implementasikan kedua kelas tersebut dalam fungsi main seperti terlihat di bawah :
Hasilnya :

No comments:

Post a Comment