Thursday, May 7, 2015

Membuat & Mengisi Repository Baru Menggunakan Github

Yaaah... gpp posting yang ginian sekadar melepas penat... Hehehe... :D

Jadi disini akan diperlihatkan step by step membuat repository digithub terus diisin source code dari komputer lokal kita. Disini Hisoka make windows 8 yang sudah terinstall git. Klu ada yang belum install git sendiri, silahkan didownload dari sini.
Untuk windows, silahkan klik icon seperti yang ditunjukkan panah diatas. Setelah didonlot, silahkan diinstall... Kemudian mari kita buat repository baru di github:
Setelah itu silahkan isikan nama repositorinya, deskripsinya, repositornya public atw privat, dsb seperti terlihat di bawah :
Oww iyah.. disini dipilih public repository, soalnya klu private harus bayar 7dollar perbulan ehhehe... :D,,, Jadi kita pilih public ajjah yang gratisss... :D
Setelah itu tekan tombol "Create repository" seperti terlihat pada tombol hijau di atas. Hasilnya :
Ok... Repository di github telah jadi. Trs seperti terlihat didalam kotak merah diatas, disitu ada url git yang akan dipake buat ngepush source code dari PC kita, url gitnya adalah :
https://github.com/HyosokaPoipo/HisokaActionBar_Test.git 
Sekarang kita menuju ke PC lokal kita. Disini Hisoka udh buat project dieclipse dan udah siap dipush ke remote. Jadi pertama-tama silahkan buat git baru difolder project eclipse ini, caranya klik kanan, kemudian pilih "Git Init here" seperti terlihat di bawah :
Setelah itu, klik kanan lagi, pilih "Git Gui" :
Kemudian akan muncul Git Gui seperti terlihat di bawah :
Nah...tambahkan komentar/deskripsi untuk commit pertama seperti terlihat pada kotak hijau diatas, kemudian tekan tombol "Stage Changed"
Setelah tekan "Continue", Tadaaaa....
Siiip... udh siap untuk di commit,.. Sebelum tekan tombol "Commit", kita isi identitas diri dulu... So pilih menu "Edit" terus "Option" :
Trs masukin username dan email (username & email tidak mesti sama dgn di github, jadi terserah ajjah... :D) setelah itu tekan tombol "Save" seperti terlihat di bawah :
Setelah tekan "Save" kita akan kembali ke main screen,. disitu tinggal tekan tombol "Commit". Setelah commit, main screenya akan bersih hehehe... :D
Terus kita akan menghubungkan repository yang ada di github dengan yang dihardisk lokal PC kita, Soo.. pilih menu "Remote" kemudian "Add" :
Nah... silahkan isi name repository remote yang diinginkan, terus yang bagian "Location" itu diisi oleh url https yang telah kita peroleh sebelumnya diatas {https://github.com/HyosokaPoipo/HisokaActionBar_Test.git}ketika membuat repository di github, disini seperti terlihat di bawah :
Terakhir silahkan tekan tombol "Add"... Klu udh selesai dapat gambar kyk gini :
Naaah.. tinggal di close hehehe... :D
Terus dimenu utama tekan tombol "Push" :
Terus kliatan nama remote repository yang dibikin sebelumnya,
Tekan "Push" lagi untuk upload source code kita yang ada di PC ke repository yang ada di github....
Masukin username sesuai username di github :
Terus passwordnya juga :

Dan silahkan ditunggu sampe semua source codenya diupload/push ke repository github....
Daaan...setelah ditunggu... ada yang error... :D
Heeeummm... Kelihatannya project yang dilocal hardisk harus dimerge dulu dengan repo yang digithub... Sooo.... balik ke local repo yang ada dihardisk kita, klik kanan pilih "Git Bash" :
Terus masukkan perintah : git remote add origin "alamat url github, boleh https atw ssh",
Terus boleh juga masukin git remote -v, buat ngecek2 remote hehehe....
Terus balik ke git gui, pilih menu merge, terus local merge :
Nahh... udah di merge, brti remote repo sama local repo udh sinkron... Next kita push lagi ke repo github, untuk itu tekan push lagi kyk sebelumnya, masukin Username github, terus password dst..... :D
Setelah tekan Ok... silahkan tunggu... moga2 g' ada yang error hehehe... :D
Daaaaan.... berhasil............
Coba kita lihat repo kita di github :
Yaaaaikkkzzz... terlihat source code yang dibuat dilocal PC udh dipush ke remote repo di github.... Sampai disini saja....


Semoga bermanfaat.... :-)

No comments:

Post a Comment