Sunday, February 7, 2016

Translasi Cursor 3D, Origin, & Geometry di Blender 2.74

Untuk mengikuti tutorial di postingan ini, silahkan perhatikan “geometry, origin, dan 3D cursor” pada gambar diatas. Kali ini kita akan bermain-main dengan ketiga objek tersebut. Pertama kali kita masuk ke blender, tampilan utamanya tuh kayak gini :
Nah misalkan kita g’ sengaja klik kiri sembarangan di fieldnya sehingga cursor 3Dnya berpindah, seperti gambar di bawah :
Yang itu g’ bisa di control+Z lho…ehehe…Jadi cara balikinnya adalah tekan tombol shift + C, maka secara otomatis cursor 3Dnya akan balik ke titik 0,0 atau kembali posisi semula.

Naaah…berikutnya… misalkan posisi cursor 3D udah g’ di titik awal, seperti di bawah :
Terus kita pengen pindain origin ke cursor 3D tersebut, caranya adalah tekan tombol CTRL+ALT+SHIFT+C, terus akan keluar menu baru :
Terus pilih yang “Origin to 3D Cursor” daaan hasilnya :
Naaah… sekarang klu kita pengen pindain yang Object 3Dnya atau geometrinya,, dengan cara yang sama tekan CTRL+ALT+SHIFT+C, pilih yang “geometry to origin”
Hasilnya :
 Selain pake shortcut kita juga bisa langsung pake menu yang ada dipanel kiri :
Naaah…sampai di sini kita lihat bahwa Origin selalu mengikuti Cursor. Terus gimana klu mau Cursor yang ngikuti Origin…?? Contohnya kayak gini :
Klu kayak gitu tinggal tekan tombol SHIFT+S, terus akan muncul menu baru :
 Pilih yang “Cursor to selected” hasilnya :
Daaan…masih ada beberapa menu yang bisa dicoba dari SHIRFT+S ini…ehehe..Silahkan dipelajari sendiri :v

Siips cukup demikian postingan yang simple ini.. J

No comments:

Post a Comment