Monday, July 11, 2016

Ringkasan Gelombang Mekanik Ala Hyosoka :D - Part I

*** Berdasarkan sifat fisikanya, gelombang dapat dikelompokkan menjadi 3 macam :
  1.  Berdasarkan arah getar :
    1. Gelombang Transversal, yaitu gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah perambatannya. Contoh gelombang pada tali, gelombang pada air, dan gelombang cahaya.
    2. Gelombang Longitudinal, yaitu gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah perambatannya. Contoh gelombang bunyi.
  2. Berdasarkan amplitudo :
    1. Gelombang berjalan, yaitu gelombang yang amplitudonya tetap disetiap titik yang dilalui gelombang. Contohnya pada gelombang yang merambat pada tali yang sangat panjang.
    2. Gelombang stasioner (diam), yaitu gelombang yang amplitudonya berubah-ubah, misalnya gelombang pada senar gitar.
  3. Berdasarkan medium perambatan:
    1. Gelombang mekanik, yaitu gelombang yang memerlukan medium perambatan. Misalnya gelombang bunyi dapat sampai ditelingan kita karena adanya udara sebagai mediumnya.
    2. Gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang tidak memerlukan medium perambatan, misalnya cahaya matahari.
*** Persamaan umum gelombang berjalan :
Persamaan gelombang diatas itu berlaku klu dititik asal O pertama kali digetarkan ke ATAS. Nah klu pertama kali digetarkan keBAWAH, berarti nilai A itu negatif. Terus klu misalkan x itu negatif berarti gelombangnya merambat ke sb-x positif, klu x itu positif berarti dia ke sb-x negatif.

Nah dari persamaan simpangan gelombang di atas, kita dapat memperoleh persamaan untuk kecepatan rambat, kecepatan getaran, & percepatan getarannya seperti terlihat di bawah :

*** Sudut Fase, Fase, & Beda Fase

Mmmm....cukup segini dulu... :D :D :D

Lanjut ke latihan soal-soal part I...

Lanjut ke Part II...

No comments:

Post a Comment