Wednesday, May 10, 2017

9 KEUTAMAAN ORANG SABAR

9 KEUTAMAAN ORANG SABAR :
1. Orang yang sabar akan senatiasa bersama-sama Allah SWT
Allah bersama orang-orang yang sabar. Kebersamaan yang dimaksud adalah kebersamaan secara khusus yang berarti menjaga, melindungi, dan menolong mereka.
2. Allah memberikan apresiasi predikat taqwa kepada orang-orang yang bersabar dalam menghadapi ujian Allah. (Al-Baqoroh:177) (Ali Imran:125)
3. Allah akan memberikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dan tanpa batas. Orang yang berhak menerimanya adalah orang-orang yang sabar. (QS Az Zummar:10) (QS Al Qashash;80)
4. Orang-orang yang sabar akan mendapatkan kabar gembira (QS Al Baqoroh:155)
5. Allah memberitakan bahwa orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang mulia. (QS Asy-Syura:43)
6. Berita gembira dari Allah bahwa hanya orang-orang yang bersabarlah yang dapat mengambil hikmah atau pelajaran yang bermanfaat dari ayat-ayat Allah (QS Ibrahim;5).
7. Mereka memperoleh keberuntungan, keselamatan, dari sesuatu yang ditakuti dan masuk surganya Allah. (QS Ar-Ra’d:24)
8. Sabar mewariskan derajat kepeloporan dan kepemimpinan. Sebagaimana ungkapan Syaikul Islam yang dikutip oleh Ibnu Qoyyim Al-Jauziah: “ Dengan kesabaran dan keyakinan dapat diperoleh kepemimpinan dalam agama.” Lalu ia menyebutkan firman Allah (QS As-Sajdah:24)
9. Allah menghubungkan kesabaran dengan iman, keyakinan, takwa, tawakal, syukur, amal shalih, dan rahmat yang diperoleh seseorang. Sabar merupakan bagian dari iman, ibarat kedudukan kepala dari tubuh. Tiada artinya iman bagi orang-orang tidak memiliki kesabaran, sama artinya ibarat tubuh tanpa kepala. Sehingga Umar bin Khatab berkata; “ Hidup yang paling baik ialah yang kami lalui dengan kesabaran.

No comments:

Post a Comment