Wednesday, January 22, 2020

Membuat website sederhana menggunakan Golang

Di postingan kali ini kita akan membuat website sederhana menggunakan golang. So pertama-tama silahkan temen-temen dowload compiler golang yang terbaru dari https://golang.org/dl/

Setelah didownload silahkan di install, tinggal next next sahaja...
Nah setelah itu kita bisa langsung membuat source code website sederhananya seperti ini :

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
package main

import(
    "fmt"
    "log"
    "net/http"
)

func baseHandler(w http.ResponseWriter, r *http.Request) {
 fmt.Fprint(w, "<h1> Hellow Maryadi </h1>")
}

func main() {
 http.HandleFunc("/", baseHandler)
 log.Fatal(http.ListenAndServe(":1111", nil))
}

So disini kita buat package main dan fungsi main (line 13). Fungsi main adalah fungsi utama yang akan dieksekusi ketika program berjalan seperti dalam C, C++, Java dsb yang masing-masing punya fungsi main juga.
Kemudian dibaris ke-14 ada fungsi http.HandleFunc. Fungsi ini berguna untuk mendeteksi path apa yang diakses oleh user. Kalau kita lihat input pertamanya adalah "/" berarti ketika kita akses path "/" diwebsite ini tar fungsi baseHandler akan dieksekusi.
Fungsi baseHandler sendiri bisa dilihat dibaris 9. Input fungsinya ada 2 yaitu w sebagai response ke user dan r (saat ini belum dipakai) sebagai variabel yang berasal dari user yang akses website kita. Dan bisa kita lihat response (w) hanya berisi html biasa yaitu <h1> Hellow Maryadi </h1>.
Terakhir dibaris 15 ada fungsi log buat memperlihatkan error message ke console kita. Daan http.ListenAndServe untuk menjalankan server. :1111 artinya server kita dapat diakses dari localhost port 1111. nil artinya null, artinya handler default dari server kita berasal dari http.HandleFunc.

Kalau kita ingin menjalankan servernya cukup dengan :
go run nama_file.go

Hasilnya :

Siiip... seperti itu saja... Terima kasih..semoga bermanfaat :D






No comments:

Post a Comment