Thursday, October 18, 2012

Hal-Hal Dasar Yang Penting Diketahui Sebagai Seorang Engineer LTE


Hal dasar yang perlu diketahui sebagai seorang engineer di LTE adalah familiar dengan gambar di atas.. :D

Kita dapat merepresentasikan komponen sinyal di LTE dalam dua dimensi. Seperti yang ditunjukkan gambar di atas, bagian horizontal adalah domain waktu sedangkan bagian vertikal adalah domain frekuensi. Unit terkecil dalam sumbu vertikal adalah sub-carrier sedangkan unit terkecil dalam sumbu horizontal adalah simbol. Jika unit terkecil dalam domain waktu dan frekuensi digabungkan, atau dkombinasikan, maka akan dihasilkan unit/satuan baru yang lebih besar seperti yang akan diceritakan di bawah.

Nah pertama-tama, mari kita lihat komponen vertikal dulu yaitu domain frekuensi. Band LTE (baik itu OFDM/OFDMA) dibuat dari beberapa frekuensi "saluran kecil" yang sering disebut sebagai subcarrier. Spasi antara subcarrier yang satu dengan subcarrier berikutnya selalu sama tanpa memperhatikan sistem bandwidth yang digunakan dalam band LTE. Oleh karena itu, jika system bandwidth LTE berubah, maka jumlah subcarrier juga akan berubah tetapi spasi subcarrier tetap yaitu 15khz. Jadi jika kita menggunakan sistem bandwidth 20 Mhz maka jumlah subcarrier adalah 1200. Jika menggunakan sistem bandwidth 10 Mhz maka jumlah total subcarrier adalah 600 buah, begitu seterusnya... :D

Beralih ke komponen horizontal yaitu domain waktu. Telah disebutkan di atas bahwa satuan terkecil dalam domain waktu disebut sebagai simbol, yang panjangnya sekitar 66,7 mikro second. Panjang simbol ini juga tidak memperhatikan sistem bandwidth yang digunakan, artinya seperti apapun sistem bandwidtnya panjang simbol tetap 66,7 mikro second. Seperti terlihat pada grafik di atas, di domain waktu, unit terbesar disebut "frame" yang panjangnya 10 ms. Setiap frame ini terdiri dari 10 buah subframe, sehingga 1 buah subframe panjangnya adalah 1 ms. Kemudian setiap subframe tersebut terdiri dari 2 buah slot dengan panjang 0,5 ms. Dan didalam tiap slot tersebut terdiri dari 7 buah simbol (dalam keadaan normal) dengan panjang masing-masing 66,7 us. Sow, didalam 1 buah frame itu ada 20 buah slot. Di dalam 1 buah subframe ada 14 simbol.

Nah jika unit terkecil dari domain waktu dan frekuensi digabungkan maka akan terbentuk unit terkecil yang disebut sebagai "resource element". Resource element tersebut dibentuk dari satu buah simbol dalam domain waktu dan satu buah subcarrier dalam domain frekuensi. Unit lain yang bisa dibuat dari kombinasi waktu dan frekuensi adalah "resource block (RB)". Resource block ini dibentuk dari 1 slot dalam domain waktu dan 12 buah sub-carrier dalam domain frekuensi. Perlu diketahui bahwa resource block ini adalah komponen yang sangat penting dalam menetapkan size data yang dapat dikirimkan ke dalam jaringan baik dari sisi protokol ataupun pengukuran RF. Sow,, dapat disimpulkan bahwa dalam resource block itu terdapat 7 buah simbol dan 12 buah subcarrier. Kemudian dalam resource block tersebut terdapat 84 resource element.

Hal laen penting untuk kita ketahui yaitu :
1. Dalam sistem bandwidth 20 Mhz terdapat 100 buah resource block
2. Dalam sistem bandwidth 10 Mhz terdapat 50 buah resource block, dst.......

untuk keterangan dasar yang lain mengenai MAC atau PHY, bisa di lihat di posting lainnya... :D


No comments:

Post a Comment