Tuesday, October 23, 2012

Resource Element Groups

Informasi control untuk downlink pada physical channel dimasukkan ke dalam suatu resource unit yang lebih kecil dari pada resource block. Alasan melakukan hal ini adalah melakukan distribusi transmisi melalui banwdith yang lebih besar untuk memperoleh frequency-diversity. Sebagaimana telah diketahui bahwa control information secara umum lebih kecil daripada data dan jika resource block digunakan untuk transmisi control information, transmission akan menjadi bersifat lokal dalam domain frekuensi, hal ini tentu tidak diharapkan dari sudut pandang control-channel-perfomance. Unit resource yang digunakan untuk transmisi control information sering disebut sebagai resource element group (REG), yang terdiri dari 4 buah subcarriers (resource elements) dalam resource block pada OFDM symbol. Sebuah resource block berisi dua atau tiga  REG tergantung dari resource block dalam OFDM symbol apakah membawa reference signal atau tidak, seperti pada gambar di bawah :

Ketika terdapat reference signal dalam resource block, 4 dari 12 subcarrier digunakan untuk transmisi reference signal tersebut. 8 subcarriers yang tersisa kemudian akan digunakan untuk membentuk dua buah REG. Harus diketahui bahwa posisi subcarrier reference signal dalam resource block tidak tetap dan tergantung pada pergeseran frekuensi yang digunakan dalam tiap Cell atau eNB.

Resource element group direpsentasikan dengan pasangan index (k',l') dari resource element dengan k adalah index terendah dalam group dengan semua resource element dalam group yang mempunyai nilai yang sama dengan l. Jumlah maksimum REG yaitu 4 buah OFDM simbol dalam sebuah subframe. Hal ini karena PDCCH hanya dapat mencapai maksimum 4 OFDM simbol dalam bandwidth yang kecil. Simbol OFDM yang pertama selalu mempunyai satu atau dua reference signal. Kemudian simbol OFDM kedua berisi dua reference signal untuk antena ports 2 dan 3 dalam kasus 4 cell-specific reference signal. Dalam kasus simbol OFDM pertama dan keduaketika jumlah port antenna dikonfigurasi jadi empat, maka terdapat 2 resource-element group dalam physical resource block n_prb yang terdiri dari resource element (k,l) dengan :


ko menunjukkan resource element pertama dalam resource block dan dirumuskan sebagai :
Harus dicatat bahwa sekalipun single cell-specific reference signal dikonfigurasi pada port antenna 0, resource element yang dicadangkan untuk reference signal port antenna 1 tetap tidak digunakan. Kita mengetahui bahwa setiap REG didefinisikan pada 6 resource element karena dua resource element digunakan untuk reference signal.
Di symbol OFDM kedua dalam kasus hanya satu atau dua cell-specific reference signal yang dikonfigurasi, symbol ketiga dan keempat, tiga resource element group pada physical resource block n_prb terdiri dari resource element(k,l) dengan :

Mapping dari symbol-quadruplet z(i+2),
z(i+3)> ke resource element group disimbolkan dengan resource element (k',l') didefinisikan sehingga element z(i) dimasukkan ke resource element (k,l) dari resource element group tidak digunakan untuk cell-specific reference signal dalam urutan naik dari i dan k. Alasan mendefinisikan istilah symbol-quadraplets dan kemudian menggunakan empat resource elements untuk REG adalah untuk mengontrol channel dapat menggunakan sampai empat layer SFBC-FSTD skema transmit diversity.

No comments:

Post a Comment