Friday, August 21, 2015

Belajar Dasar HTML - Pengantar

Okieee... Langsung ajjah.... Di sini kita akan belajar HTML dari dasar lagi hehehe.. sekalian ngereview pelajaran sekitar 7 atw 8 tahun yang lalu eeeew... Ummm... Stuktur dasar HTML seperti terlihat di bawah, silahkan diketik dalam notepad,
setelah itu disave dengan format .html seperti terlihat di bawah :
Stelah itu double klik filenya, atau buka dengan chrome atau firefox
Yaaapzzz... Moga satu contoh itu bisa ngasih sedikit sense tentang HTML :D. Secara umum HTML memiliki beberapa bagian dasar sebagai berikut :
   1.Tag
Tag adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter kurung siku "<" dan ">", contohnya <body> berarti adalah tag body. Umumnya tag ini ditulis secara perpasangan, yaitu tag pembuka dan tag penutup. Contoh tag pembuka <body> dan tag penutupunya </body>, jadi ditag penutup itu ada slashnya "/

   2. Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Contohnya elemet adalah
<title>
     isi
</title>
Dan perlu digarisbawahi, klu element-element HTML itu tidak boleh ditulis saling tumpang tindih kyak misalkan
Yang bener kyk gini :
  3. Attribute
Attribute itu nunjukin properti dari suatu element HTML. Contohnya kyk <body bgcolor="black" text="red">. Nah...bgcolor itu nama atributenya dan "black" itu nilai atributenya.
Daaan... Umm... bgcolor itu maksudnya background color, jadi warna backgroundnya layar jadi item, terus text itu warna textnya, terus ada juga attribute kyk link, alink, vlink, dsb.... :-). Contohnya misalkan kita buat kode HTML kyk di bawah :
Hasilnya :
Heeeem... beberapa kombinasi warna yang bisa digunakan yaitu aqua,black,blue,fuchsia,gray,green,lime,marron,navy,olive,purple,red,silver,teal,white,yellow.
Terus kita juga dapat nambain background yang bergambar. Pertama-tama siapkan gambarnya, terus simpen gambar tersebut didirectory yang sama dengan file htmlnya, terus masukin kodenya
Daaan hasilnya :
Dari kode diatas, terlihat bahwa background prioritasnya lebih tinggi daripada bgcolor soalnya klu mereka ditaro dua-duanya dalam kode html, justru yang dipake adalah yang background bukan yang bgcolor hehehe... :-)
Cukup sekian dulu untuk hari ini... :-)

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment