Friday, May 13, 2016

Proses Instalasi Tomcat Server di Windows 7

Ookiiee.e. disini kita akan membuat Tomcat server yang akan dijalankan di windows 7. Pertama-tama silahkan download Tomcatnya dari situs ini. Tomcat yang terbaru saat ini tuuh yang versi 9 seperti terlihat pada gamba di bawah :
Naaah... installer bisa milih yang dalam kotak ijo atau yang ditunjukin panah ijo. Klu yang gambar panah tuuh...installer dalam bentuk file exe, klu yang dalam kotak itu file zip yang bisa langsung dipake setelah diextract... Di sini Hisoka milih yang dalam kotak ijo ajjah... Jadi silahkan didownload... :)
Setelah itu extract filenya didalam directory C, kyk gini :
Naaah...setelah itu kita buat environment variabel buat tomcatnya, caranya buka control panel, pilih "System" terus "Advance System Setting" terus "Environment Variabel" kyk gambar2 di bawah ini :


Terus pilih New :
Terus masukin nama CATALINA_HOME, terus path folder server tomcat yang kita extract sebelumnya :

Naaah.... sampe sini harus dipastiin juga kita udah nambain path buat JAVA_HOME, soalnya path ini juga dipake sama tomcat, soalnya tomcat kan dari bahasa java eheheh... :D
Okieee... terus kita masuk ke folder bin tomcatnya pake cmd...
Terus ketik startup.bat buat ngejalanin servernya
Naah... tar klihatan kyk gini :
Klu udah bisa jalan, tar kita bisa pake chrome atau firefox buat ngeliad tampilannya di http://localhost:8080 :
Siiipss... kliatan servernya udah up... terus kita bisa liad server status, manage App, atau host manager, atau liad2 contoh2 program servlet java dibagian example... yaaaps..... paling tidak sampe sini servernya udah bisa up ehehe...

terus klu mo dimattin.... masukin command shutdown.bat di cmd kyk gini :
Atau tekan CTRL + C di cmd tomcatnya juga bisa... ;)


okiee... cukup sekian...semoga bermanfaaat.. :)

No comments:

Post a Comment