Monday, December 14, 2015

Dasar AutoMapper di C# - Part I

Di postingan ini kita akan mempelajari dasar2 dalam menggunakan automapper di C#.... Soooow pertama-tama silahkan buat project console baru di visual studio, disini Hisoka pake visual studio 2013, stelah selesai ngebuat projectnya kita, pertama-tama kita install dl automappernya, caranya buka "Package Manager Console"
Naaah.. nanti kita di panah warna biru, masukin perintah berikut :
Install-Package AutoMapper
Terus tekan enter dan hasilnya...........
Okiee... dari kotak merah diatas terlihat klu automappernya berhasil keinstall di project kita... mmmm.... sekadar cerita dikit, bagi temen2 yang belum pernah make automapper, automapper itu sebenarnya cara singkat untuk ngeassign variabel2 dari suatu kelas ke kelas yang lain, jadi kita cuma nulis2 dikit terus mereka akan automatis ke assign sendiri... so klu misalkan variabel2nya dikit2 ajjah, automapper mkn tidak terllu berguna, tapi klu variabel2nya banyak dan sering dipake, naaah... baru kerasa manfaat dari automapper ini. Skalipun ada yang udh ngebuktiin  klu automapper lebih lambat 7x dibanding assign manual (infornya disini)...tapi gpplah yaaah, kita pelajari dikit2 ehehehehehe... :D

Okiee... pertama-tama lagi.. mari kita buat dua biji kelas di dalam program kita seperti terlihat di bawah :
Naaah... disini ceritanya kita akan ngemaap kelas Poipo ke kelas Hisoka pake automapper. Disini aturan yang harus diperhatikan adalah "tiap2 nama variabel dimasing2 kelas itu namanya sama", seperti terlihat di kelas Poipo sama Hisoka, nama variabelnya itu sama semua Name, Clan, & Jutsu. Nah gimana klu namanya beda.. Nanti kita cover untuk yang namanya beda... :)
Sooo.... tambahkan kode berikut didalam kelas main sebagai berikut :
Di line 39, terdapat kode Mapper.CreateMap<Poipo,Hisoka>(); yang ini adalah konfigurasi maapnya, artinya nanti akan ada mapping dari kelas Poipo ke kelas Hisoka, jadi Poipo itu sebagai source dan Hisoka adalah destinationnnya. Terus di line berikutnya (40), baru kita pake mappingnya, inputannya adalah objek mPoipo terus masuk ke kelas Map, terus hasilnya ditaro di mHisoka... naaah mHisoka inilah yang kita tampilkan di layar console yang hasilnya :
Kliatan klu isi variabel2 dari mPoipo masuk ke mHisoka....Jadi kliatan simpel banget klu mau dipake buat project besar... :)

Part II

No comments:

Post a Comment