Saturday, December 27, 2014

360 Rotation Degrees in Blender

Pada postingan ini akan diperlihatkan cara sederhana untuk melakukan rotasi kamera 360 derajat terhadap object. Pertama-tama silahkan buat project baru diblender, disini digunakan blender versi 2.72. Project yang dibuat default saja, kemudian tambahkan object-object dalam main screenya. Object-objectnya terserah saja, disini digunakan seperti terlihat dibawah :


Kemudian tambahkan "empty object" tepat ditengah-ditengah seperti posisi 3D cursor:


Terus, Jadikan empty object dan kamera menjadi "parented". Caranya klik kamera, kemudian tekan shift tekan empty objectnya. Kemudian tekan Ctrl+P :


Nah.. Sampai disini, jika empty object tersebut kita pindah-pindahkan, maka kamera juga akan ikut berpindah. Terus, secara default jumlah frame di blender adalah 250, Jadi sebaiknya diganti saja menjadi 72 atau 100 terserah saja, semakin besar jumlah framenya maka kecepatan rotasinya jg akan semakin lambat, Di sini digunakan 72 frame saja :


Kemudian tepat di frame 1, masukan keyFrame type rotasi (tekan i kemudian pilih rotasi), keyFrame ini untuk empty object (jadi bukan untuk kamera):


Next, pindah ke frame terakhir (disini frame 72), terus rotasi empty objectnya terhadap sumbu z sebesar 360 derajat. Caranya tekan R kemudian Z terus ketik 360. Kemudian tekan N, maka akan muncul menu disebelah kanan, nah dibagian transform, ganti nilai sumbu Z menjadi 360, seperti terlihat di bawah :

Setelah itu insert KeyFrame kembali. Nah sampai disini kita sudah dapat melihat rotasi 360 derajatnya (tekan Alt+A untuk melihat hasilnya). Namun kecepatan rotasinya tidak linear, oleh sebab itu buka "Graph Editor" :


Di menu "key" pilih "Interpolation Mode", dan pilih "Linear" :


Ok, silahkan kembali ke 3D View, dan tekan Alt+A untuk melihat hasilnya :


Huhuhu... Maaf animasinya berguncang... :D. Tapi sampai disini kita sudah dapat melihat rotasi 360 derajatnya. Untuk animasi diatas, mungkin rendering image dari camera view agk lebih stabil. Untuk itu perlu ditambahkan pencahayaan dan warna dari tiap object diubah :


Siip, Jika dilihat dari kamera view, hasilnya :


Sekian.... Semoga bermanfaat... :-)

No comments:

Post a Comment