Thursday, December 11, 2014

Membuat Aplikasi "Hello World" di Android Menggunakan Eclipse

Pada bagian ini akan dibuat aplikasi paling sederhana di OS Android menggunakan eclipse. Sebagai catatan, Project ini dibuat menggunakan eclipse dengan SDK android 4.4 (API 19) . Untuk mengecek adt terbaru dapat dilihat di situs resmi android : https://developer.android.com/sdk/index.html.

Ok untuk membuat projectnya pertama-tama, klik "File" kemudian "New", terus pilih "Android Application Project"


Setelah "Android Application Project" di-klik akan muncul :


Untuk project ini, diisi data-data seperti terlihat :


Kemudian silahkan klik "Next" seperti di bawah ini :





Nah pada saat udah sampai di "Activity Name", disini namanya diganti saja biar nantinya tidak sering tertukar dengan mainActivity dari project eclipse yang lain.


Setelah itu klik saja "Finish" dan kita telah membuat aplikasi hellow world di-eclipse,


Untuk menjalankan project tersebut di OS android, Klik kanan pada folder aplikaisnya, kemudian pilih "Run As" kemudian pilih "Android Application", Ilustrasinya seperti terlihat :


Kemudian akan muncul dialog untuk memilih dimana aplikasi ini akan dirunning (emulator/device asli) :


Di sini digunakan device asli yaitu tablet asus-nexus 7. Hasilnya seperti terlihat :


Jika seandaianya kita tidak mempunyai tablet atau HP android, maka dapat digunakan emulator. Emulator harus dibuat dulu untuk pertama kali. Oleh sebab itu, dari project di atas, klik kanan lagi, kemudian pilih "Run As", dan pilih "Android Application" seperti beberapa langkah sebelumnya di atas, kemudian akan muncul field kosong seperti terlihat di bawah :


Pilih "Manager" seperti yang ditunjukkan pada di atas, kemudian akan muncul field berikut :


Nah sampai disini, kita dapat membuat emulator baru dengan menekan tombol "New.." seperti yang ditunjukkan pada panah yang paling kanan. Tapi Hisoka lebih memilih device yang sudah dibuatkan sendiri dari Androidnya, seperti yang ditunjukkan panah yang tengah "Device Definition", Silahkan klik "Device Definition" tersebut :


Nah disini dipilh "Nexus 7 by Google", kemudian tekan tombol "Create AVD",


Terus tekan "OK", tunggu beberapa saat, nanti secara otomatis akan kembali ke :


Pilih tombol "Start" :

Kemudian pilih "Launch",


Sampai disini, kita akan menunggu emulatornya agak lama, soalnya ini adalah pertama kali emulator dijalankan, mungkin nunggunya bisa sampe 9 atw 15 menit. :-)


Nunggunya harus saabaar... :-)
Owh iyah,, jika pas nunggu ini ada yang error, emulatornya di-relaunch aja lagi, dgn tombol "start", tapi jika error lagi, ganti aja AVD-nya, klik new, trs pilih device yang lain, terus start lagi emulatornya, Nggg.... selain ganti jenis emulator, ukuran layar emulator yang crash tadi boleh jg dibuat lebih kecil, atau memorinya ditambah biar g' error...

Balik ke emulator yang sedang ditunggu, sekarang kondisinya sudah seperti terlihat di bawah :


Nah... sekarang emulatornya sudah siap digunakan, So... Kembali ke program yang telah kita buat, klik kanan projectnya kemudian pilih "Run As" kemudian "Android Application", terus muncul :


Terlihat "Emulator-5554" sudah siap pakai. Jadi silahkan pilih emulatornya, terus tekan "OK". Terus tunggu beberapa saat, biar eclipse menginstall aplikasi di emulatornya...
Terus, jika ternyata gagal, Ulang lagi aja, start dari "Run As" dst. Namun jika berhasil, pada emulator akan terlihat :


Sampai di sini aplikasinya sudah berjalan lancar di emulator. Sebagai catatan, emulatornya ini tidak usah di-close jika ingin kembali ke eclipse, atau jika eclipsenya di restart, emulatornya tidak usah di restart juga, soalnya tar emulatornya harus ditunggu lama lagi biar siap pakai. Jadi emulator dan eclipse dapat berjalan sendiri-sendiri :-)


Kemudian, sebagai tambahan, jika kita ingin mengganti kata "Hello World!" tersebut, expand folder "res" di project eclipsenya, kemudian pilih layout :


Terus double click file "activity_aplikasi_sederhanaactivity.xml", akan muncul :


Terlihat.... tampilannya sama dengan yang muncul di emulator, Nah didalam file .xml inilah semua GUI pada aplikasi android "umumnya" diatur/diedit. Nggg.. terus klik yang ditunjukkin panah di atas untuk pindah ke tampilan raw xml:



kemudian silahkan ganti text yang di-highlight sesuai dengan yang dinginkan, disini saya ganti menjadi "Hellow Hisoka :D" :

Terus kembali kita run lagi, dan hasilnya di emulator :


Terlihat text "Hellow Hisoka :D"...

Langkah-langkah yang dijelaskan pada postingan ini adalah dasar bagi pembuatan aplikasi-aplikasi lainnya di Android. Sekian.. Semoga bermanfaat... :-)



No comments:

Post a Comment