Wednesday, December 24, 2014

Menjalankan Microsoft Office & Foxit Reader menggunakan C#-WPF

Pada postingan kali ini akan diperlihatkan cara untuk membuka file docx dan pdf menggunakan C# (WPF). Untuk pertama-tama akan dibuat project baru di visual studio 2010 dengan tampilan seperti terlihat :


Pada mainWindow tersebut, button "MS Office" berguna untuk membuka file office jika tombol tersebut ditekan, dan button "Foxit Reader" berguna untuk membuka file pdf. Ok, sekarang tambahkan kode di dalam button "MS Office" tersebut seperti terlihat di bawah :
Nah,... sampai disini, jika tombol tersebut ditekan, maka file test2.docx akan otomatis dibuka menggukan microsoft office. Kode diatas adalah kode yang sederhana, jika kita menggunakan exception, hasilnya :

Kemudian, pada filename selalu digunakan tanda forward slash(/). Jadi secara default, jika kita mencopy lokasi file menggunakan menggunakan windows explorer, back slash(\)-nya harus selalu diganti menjadi forward slash.Namun, jika langsung menggunakan fungsi bawaan C# untuk memperoleh lokasi file, maka back slash(\) tidak perlu diganti menjadi forward slash(/). Terus, nama folder tempat file yang dibuka tidak boleh mengandung "spasi". Contohnya D:/my folder/test2.docx, Nah disini akan terjadi eksespsi Win32Exception karena terdapat spasi folder tempat file test2.docx disimpan.Terus untuk button "Foxit Reader", kode programnya sama persis dengan yang diatas, cuma filenya aja yang berbeda :
Terlihat, kode programnya sama dengan yang sebelumnya. Jadi sebenarnya yang membedakan pembukaan aplikasi di C# hanya jenis file yang akan dibuka. Jika secara default file pdf dibuka dengan adobe reader diwindows, maka ketika ps.Start() di eksekusi, adobe reader akan dijalankan bukan foxit reader.

sekian... semoga bermanfaat... :-)

No comments:

Post a Comment