Kemudian, kubus ini kita tambahkan "domain physics", Caranya klik icon physics, kemudian "smoke", terus "domain" :
Setelah diubah menjadi domain, terlihat kubusnya menjadi transparan. Kemudian tambahkan object baru yang terletak didalam domain kubus tersebut. Objectnya terserah saja, untuk project ini digunakan bola :
Nah untuk bola tersebut, kita tambahkan "fire & smoke" :
Nah sampai disini, jika kita tekan Alt+A, maka kita dapat melihat animasi api dan asap sederhana yang keluar dari bola, seperti terlihat di bawah :
Kemudian kita akan memberikan beberapa konfigurasi agar api dan asapnya terlihat lebih eksotis. Pertama-tama konfigurasi untuk domain :
Jika Alt+A kembali dijalankan hasilnya :
Terlihat lebih baik dari yang sebelumnya. Kemudian kita akan beralih ke node editor. Dalam kondisi domain masih "terselect", Ubah screennya menjadi 2 bagian, kemudian screen yang baru pilih node editor, kemudian tambahkan material baru pada domain tersebut, sehingga terlihat "diffuse BSDF" material :
Terus, diffuse BSDF-nya dihapus saja, kemudian tambahkan "attribute" dibagian "input" :
Attribute tersebut diberi nama "density". Kemudian tambahkan "Volume Scatter" dan "Volume Absorption",masing-masing terletak di dalam Shader :
Kemudian hubungan node "fac" dari Attribute ke "density" di Volume Scatter dan absorption :
Terus, color dari masing-masing volume di ganti jadi putih sprti trlihat di atas. Kemudian tambahkan "mix shader" :
Letakkan sebelum output dan hubungan nodenya seperti terlihat di bawah :
Kemudian, Select "Lamp" kemudian pilih "use node", dan ubah strength dari lamp tersebut menjadi 5000 :
Nah... sampai disini, jika kita mengganti tampilan solid ke render hasilnya :
Kemudian, select "domain" kembali, dan beralih ke node view, kemudian tambahkan "Bright Contrast" dibagian color :
Tempatkan Bright Contrast tersebut seperti terlihat di bawah :
Jangan lupa Contrastnya diganti ke 1.5. Tambahkan "Math" :
Letakkan diantara Attribute dan Bright Contrast, kemudian ganti tipe math tersebut menjadi "multiply" dengan value "7" :
Ok. Sekarang akan ditambahkan "Attribute" lain dengan nama "fire" dan letakkan posisinya dibawah attribute "density" :
Kemudian tambahkan ColorRamp:
Kemudian tambahkan Bright Contrast dan multiply seperti sebelumnya {dikopi aja}, kemudian hubungkan masing-masing node :
Kemudian tambahkan "Emission" dan hubungkan lagi :
Setelah itu tambahkan "Add Shader" :
Posisikan "add shader"-nya sehingga bisa terhubung seperti pada gambar di bawah :
Sampai disini, jika projectnya di render, hasilnya :
Sekarang waktunya menambahkan warna-warna pada ColorRamp. Pertama-tama, komponen "hitam" pada ColorRamp, alphanya diubah menjadi nol :
Kemudian yang warna putih, alphanya diubah jadi 0,28 - 0,3, terserah saja :
Terus, tambahkan komponen warna baru. Caranya tinggal tekan tanda "+", maka akan muncul komponen warna yang baru. Ilustrasi seperti terlihat di bawah :
Nah, tambahkan 4 biji komponen warna lagi dan posisikan seperti di bawah :
Ok, Mari kita mulai dengan komponen warna no.4. Settingannya :
*BERSAMBUNG.......
No comments:
Post a Comment