Friday, May 26, 2017

Roll Ball Unity 5.6 Part 5

Part IV bisa dilhat disini....
Okie... di part 5 ini pertama-tama kita tambain tag ke prefabnya biar tar pas ketabrak sama bolanya bisa dideteksi... So select prefabnya, terus disudut kanan atas add new tag kek gini :




Naaah... klu prefabnya diset Tagnya ke hisoka_target, makaaaaa...semua target bakalan punya tag hisoka_target juga...
That's the power of prefabs... :D
Siiipsss... abis nambain tag, berikutnya kita tambain rigidbody ke prefabsnya biar sesudah di hit sama bolanya, cachenya bisa ilang atau g' direcalculate ulang meshnya sama unity, ini buat penghematan memory... :)
Abs ngeadd rigidbody, ganti propertinya jadi kek gini :
Ooowh..terus centang 'Is Trigger' di properti box collidernya biar tar bisa masuk ke method OnTriggerEnter :
Okiee... Next kita import partikel package....
Terus setelah di import, masuk ke folder Prefabs ParticelSystems
Naaah... disitu kita bisa milih2 banyak object prefabs.... daaaan... disini Hisoka milih yang Flare sm Fireworks ajjah... :)
So buat folder baru, namanya "Resources" (ini namanya harus sama dan pake Kapital R)
Naaah... drag and drop fireworks & flare ke folder Resources ini ....
Siiipsss.... naaah.... waktunya main script lagi... :D
Silahkan buka script buat ShereController yang udah dibuat dari part2 sebelumnya, terus tambain method OnTriggerEnter kyk gini :

Method onTriggerEnter itu ke trigger pas bolanya ngehit kubusnya. Terus pas bola ngehit cube, dicek apa tagnya sama dengan hisoka_target, klu sama tar kode dari line 30 smapai 37 dieksekusi yng intinya ngejalanin Flare terus ngedestroy(7 detik setelah hit, kode line 35) dan cube dihide pake method SetActive(false);
Demonya kyk gini... :
Seeeepssss... sekian dl untuk part V... :)


Part 6 bisa dilihat di link ini....

Roll Ball Unity 5.6 Part 4 - Iseng

Part 3 bisa dilihat dilink ini...

Naaah... dipart iv ini kita nambain dinding ke planenya biar bolanya g' jatuh ahaha... :D
So... Pertama-tama kita bikin empty game object buat ngekolompokin wallsnya....
Terus direname jadi walls..
Terus tambain cube...
Terus cubenya diganti namanya jadi rightWalls dan posisinya di reset ke origin poin (0,0,0)
Teruuuss... cubenya discale sesuai ukuran planenya, klu punya sy kek gini ukurannya....
Terusss... jadiiin rightWall sebagai child dari walls kek gini :
Yooosh... berikutnya kita tinggal duplicate rightWall, terus aturs posisinya, ters jadiin sebagai leftWall kekgini :
Terus front and backWall... :D

Siiipsss... Dindingnya udah bereesss.... berikutnya ituuu....... kubus yg muter2... :D
So pertama-tama tambain empty_object lagi, terus ubah namanya jadi targets, trs tambain cube, trs ubah namanya jadi target, terus cubenya di rotasi kek gini :
Berikutnya kita bikin kubusnya berotasi... Jadi silahkan tambain new script buat kubus ini, trs masukin kodenya kek gini :
Naaah.... Tar kubusnya muter2 kek gini... (itu nilai2 vector3 silahkan diganti2 sesuai selera)
Naah.... tar kubus2 yg jadi target ini kita duplikasi buat di hit sm bolanya,, so... karena banyak yg mau diduplikasi, tar klu ngubah2 sst bisa jdi repot, makanya bikin 1 biji Prefabs dari target kubus ini biar klu pengen ngubah sesuatu, cukup ngubah prefabsnya ajjah terus kubus2 yang lain jadi pada kena efek perubahannya... So withoud further ado, let's create a folder called Prefabs and then drag and drop our target to that folder like this :
Siiipss... berikutnya silahkan duplikasi kubusnya banyak2 sesuai selera.... :D, Klu punya sy kek gini ...

Klu gamenya di run... hasilnya kek gini :
Sippss... sekian dl untuk part yg ke IV yeeeei.... :)


Ke Part 5 bisa lewat link ini.....