Wednesday, February 10, 2016

Hyosoka Kamui Style Using Blender 2.76 - Part II

Okieee.. di sini kita akan melanjutkan project blender tentang Hyosoka Kamui :D,,, Bagi temen2 yang belum melihat part 1, bisa dilihat di sini...
Nah.. part 2 ini kita masih berada di panel particle, mmm… berikutnya adalah settingan untuk kecepatan partikelnya, diubah ajjah jadi nol seperti terlihat di bawah
Berikutnya kita tambain force field di partikelnya, makanya tadi kita ngeset kecepatannya jadi biar tar force fieldnya biar dengan mudah… btw.. sebelum nambain force field, klu tanpa kecepatan, hasil animasinya kayak diperlihatkan di bawah, jadi partikelnya nempel di textnya..
Okieee… mari tambahkan force field… tekan SHIFT + A, terus akan muncul menu baru, terus pilih “Force Field” terus pilih “Vortex”
Naaah… vortex yang ini tuh kayak Kamui wkwkw… :D
Terus pindain vortexnya ke tengah..
Terus vortexnya dirotasiin lagi terhadap sumbu-x sebesar 900. Cara Rotasinya boleh pake cara yang sebelumnya, tekan R terus X, terus angka 90. Tapi boleh juga tekan R, terus X, terus puter2 mousenya ahahha.a.a…. terserah mau pake cara yang mana… ;) setelah dirotasi hasilnya kayak gini :
Naah..sebelumn kita jalanin lagi animasinya, gedein dulu tenaga vorteksnya, so klik icon physics, terus set strengthnay keee… mmm…. 2 - 3 ajjah lah yaaah.. J
Terus silahkan lihat sendiri animasinya….. Partikelnya bakalan muter2 ngikutin arah force field dari vortex...
Berikutnya kita akan menambahkan key frame… key frame itu kayak event-event tertentu di dalam animasinya… lebih jelasnya silahkan ikut step berikut… pertama-tama right-click textnya (soalnya kita tadi masih milih yang vortex, makanya yang text HYOSOKA harus di right click ), klu udah di right click, tar partikelnya jadi kuning kayak di bawah :
Setelah itu balik ke icon particle, terus ke bagian “Render” tepat di bagian emitter seperti terlihat di bawah :
Emitter itu nandain visibility text Hyosoka, jadi klu emitternya di centang berarti textnya HYOSOKAnya keliatan, tapi klu g’ dicentang berarti g’ kliatan ahaha..simpel.. :v
Naaah… pastiin posisi kursor frame kita berada di frame nol..terus arahkan mouse kita ke atas emitter, terus tekan I,,,..mmm… mkin lebih jelas klu ngeliad video seperti terlihat di bawah … J
{Maap... suara vidionya sereek...:v}

Berikutnya kita tambain lantai… so tekan SHIFT + A, terus pilih “Mesh” terus “Plane” seperti terlihat di bawah :
Hasilnya :
Terus alasnya di gedein,,, caranya tekan tombol S terus jumlah skalanya misalnya 70 atw 50, atu 90 terserah terus tekan ENTER… :v Hasilnya…
Kliatan kan udah ada lantainya...
Eeeemmm… kebawaain dikit alasnya, biar g’ kena langsung sama textnya… caranay tekan panah biru itu, terus geser ke bawah diiikiiiit ajjah.. :V
Terus kita masukin material ke alasnya biar tar kerasa jadi lantai beneran…Soo..sembari alasnya dalam terselect, beralih ke icon material, terus pilih “New” kayak yang udah dilakukin sebelumnya…


Setelah itu muncul menu baru, dan dibagian “Surface” pilih “Mix Shader”

Hasilnya kayak gini :
Terus set Shader pertama ke “diffuse”, shader kedua ke “glossy”

 Terus set “Roughness” Glossy BSDFnya ke 0, dan Fac-nya ke 0,3…
Oowh iyaah… itu warnanay default putih.. klu ada yang mw nyoba2 warna laen, silahkaan… J
Terus kita tambain fitur “collision” di alasnya biar sifatnya kyk lantai… Sooo.. beralih ke panel “Physics”…terus tekan “collision”

Setelah tekan “Collision” akan muncul fitur baru di bawahnya…Daaan…biar nilai2nya sprit itu ajjah… ;)
Berikutnya kita akan mengatur bagian pencahayaan, jadi sekarang giliran lampunya di-adjust, soo… klik kanan lampunya biar ke select,,, klu lampunya g’ kliatan, di zoom-out ajjah… sampe kliatan wkwkw… zoom-out pake middle mouse…
Pindain lampunya sehingga berada di belakang kamera seperti terlihat di bawah :
Terus klik property lampunya buat ngedit2 fitur2nya…
Naah sizenya di ubah jadi 5… abis itu tekan tombol “Use Nodes” seperti ditunjukkan panah merah yang paling bawah, setelah tekan tombol itu akan muncul menu baru, terus dari situ ganti nilai strengthnya jadi 5500..


Sampai di sini untuk part II ini... brrrr....perjalanan masih agk panjang... :)

Tuesday, February 9, 2016

Hyosoka Kamui Style Using Blender 2.76 - Part I

Di postingan ini kita akan membuat animasi dengan style kamui ehehe.. :D,, g' mirip2 banget siih... tapi cukup lumayan untuk mendapatkan ilmu baru... :)
Okie pertama-tama silahkan buka blendernya…
Btw, di sini digunakan blender versi 2.76… Dan g’ usah kuatir klu tipenya beda ehehe… J
Tampilan utamanya ketika udah siap dipake kayak gini :
Naah silahkan klik di sembarang tempat di blender buat ngilangin overview di atas biar muncuk kyak gini
Kita lihat pada gambar di atas, kubusnya ada warna-warna kuning di bagian tepinya, itu artinay dia yang saat ini jadi titik focus atau sedang di select. Untuk menjadikan object lain jadi titik fokus, kita pakai right-click jadi bukan left-click. Misalnya di sini Hisoka ngeselect yang camera, jadi silahkan right-click kameranya, 
Naah kliatan skarang kameranya yang warna kuning-kuning, agak orange sih dikit… :v
Okiee… silahkan kembali ke kubusnya lagi, terus kubusnya itu di delete menekan tombol x, atau tombol delete

Delete ajjah kubusnya…
Setelah itu, tekan SHIFT+A, terus pilih Text :
Terus setelah milih “Text” akan muncul kayak gini :
Terus kita zoom dengan scroll middle mouse….
Abis situ tekan tombol “TAB” biar masuk ke “Edit Mode” , terus silahkan ganti textnya sesuai keinginan, di sini Hisoka pake text HYOSOKA seperti terlihat di bawah :
Setelah textnya di ubah, kita balik ke object mode lagi, dengan tekan tombol “TAB” di keyboard,
Berikutnya kita rotasiin textnya terhadap sumbu-x sebesar 900, caranya tekan tombol R terus tombol X, terus tekan angka 90 dan trakhir tekan tombol ENTER hasilnya :

Ooowh.. klu mau rotasi biasa, bisa pake midle mouse ajjah, terus digerakin arahnya sesuai keinginan,Okie berikutnya tekan symbol “F” di bagian panel kanan, terus masukin property berikut :
Naaah… hasilnya kliatan textnya lebih berbentuk bangungan 3D… :v, Silahkan piliha nilai-nilai lainnya sesuai selera….Okie terusssss,…mmmm…Kita masukin material ke text HYOSOKA-nya, cuman sebelumn itu ganti dulu mode blendernya ke “cycle render” seperti terlihat di bawah :

Pilih yang Cycles Render seperti terlihat pada gambar di atas, terus tekan icon material
 Terus tekan tombol “New” seperti ditunjukkan gambar diatas. Daan setelah ngelik “New” langsung berubah kayak gini :
Naah… ganti warnya sesuai selera, di sini Hisoka pake warna Ijo ajjah.. eheh.. :D
Ooowh… Silahkan save projectnya…CTRL+S.. *luuupa dari awal… :v
Okie setelah itu mmmm…. Ooowh iyah… setelah ngeganti warna ijoo, tampilannya kayak gini :
Warna ijonya mana…?? Naah buat ngeliad hasilnya kita harus ngerender dulu, cuman di sini hasilnya masih gelap, soalnya pencahayaannya belum kita atur2,,, tapi gpp, silahkan dirender dulu dengan cara F12, atau lewat menunya langsung 
Daaan…. Hasilnya…
Naaah..hasil rendernya, kliatan ijonya,,, mmm… pengaturan kameranya juga blom diatur jadi masih kayak gitu…ehehe… okie balik ke 3D view, tombolnya ada di sudut kiri bawah tulisannnya “view”, pilih yang “3D View” untuk kembali ke tampilan awal
 Berikutnya kita akan mengkonvert textnya ke mesh, so tekan ALT + C terus pilih “Mesh from Curve/Meta/Surf/Text” seperti terlihat di bawah :
Setelah jadi mesh kita tambain partikel, so beralih ke tombol particle, terus tekan tombol “New” :
Setelah tekan tombol “New” atur propertinya seperti terlihat di bawah ;
Nah dibagian ini banyak variasi yang bisa kita pilih sebenarnya… mmm.. kita lihat pada gambar di atas, startnya di set ke 17, maksnya partikel ini baru akan muncul pada frame ke 17 dan pada frame ke 29 semua partikelnya udah muncul, terus durasinya itu ada 99 frame…
Partikelnya dibuat random dan tidak terpengaruh ke gaya gravitasi, soalnya gravitasinya dibuat jadi nol. Klu kita running animasinya…. Eeeh.. sebelumnya pendekin jumlah framenya dulu jadi sekitar 133 frame ajjah laah yaaah… :D
Yang panah hijau itu sebelumnya 250, terus di ubah jadi 133, terserah ajjah mau berapa hehehe… :D tapi setelah di ubah panjang framenya keliatan dibagian atas jadi akan lebih pendek juga, terus yang panah merah itu untuk ngejalanin atau nge pause simulasinya,,, naaah… masih kita lihat hasilnya :

Kalo jumlah partikelnya diganti jadi 10000, hasilnya :
Atau bisa dilihat di vidio berikut :
Cukup sekian untuk part I ... Semoga bermanfaat... :)

Part II