Wednesday, February 10, 2016

Hyosoka Kamui Style Using Blender 2.76 - Part II

Okieee.. di sini kita akan melanjutkan project blender tentang Hyosoka Kamui :D,,, Bagi temen2 yang belum melihat part 1, bisa dilihat di sini...
Nah.. part 2 ini kita masih berada di panel particle, mmm… berikutnya adalah settingan untuk kecepatan partikelnya, diubah ajjah jadi nol seperti terlihat di bawah
Berikutnya kita tambain force field di partikelnya, makanya tadi kita ngeset kecepatannya jadi biar tar force fieldnya biar dengan mudah… btw.. sebelum nambain force field, klu tanpa kecepatan, hasil animasinya kayak diperlihatkan di bawah, jadi partikelnya nempel di textnya..
Okieee… mari tambahkan force field… tekan SHIFT + A, terus akan muncul menu baru, terus pilih “Force Field” terus pilih “Vortex”
Naaah… vortex yang ini tuh kayak Kamui wkwkw… :D
Terus pindain vortexnya ke tengah..
Terus vortexnya dirotasiin lagi terhadap sumbu-x sebesar 900. Cara Rotasinya boleh pake cara yang sebelumnya, tekan R terus X, terus angka 90. Tapi boleh juga tekan R, terus X, terus puter2 mousenya ahahha.a.a…. terserah mau pake cara yang mana… ;) setelah dirotasi hasilnya kayak gini :
Naah..sebelumn kita jalanin lagi animasinya, gedein dulu tenaga vorteksnya, so klik icon physics, terus set strengthnay keee… mmm…. 2 - 3 ajjah lah yaaah.. J
Terus silahkan lihat sendiri animasinya….. Partikelnya bakalan muter2 ngikutin arah force field dari vortex...
Berikutnya kita akan menambahkan key frame… key frame itu kayak event-event tertentu di dalam animasinya… lebih jelasnya silahkan ikut step berikut… pertama-tama right-click textnya (soalnya kita tadi masih milih yang vortex, makanya yang text HYOSOKA harus di right click ), klu udah di right click, tar partikelnya jadi kuning kayak di bawah :
Setelah itu balik ke icon particle, terus ke bagian “Render” tepat di bagian emitter seperti terlihat di bawah :
Emitter itu nandain visibility text Hyosoka, jadi klu emitternya di centang berarti textnya HYOSOKAnya keliatan, tapi klu g’ dicentang berarti g’ kliatan ahaha..simpel.. :v
Naaah… pastiin posisi kursor frame kita berada di frame nol..terus arahkan mouse kita ke atas emitter, terus tekan I,,,..mmm… mkin lebih jelas klu ngeliad video seperti terlihat di bawah … J
{Maap... suara vidionya sereek...:v}

Berikutnya kita tambain lantai… so tekan SHIFT + A, terus pilih “Mesh” terus “Plane” seperti terlihat di bawah :
Hasilnya :
Terus alasnya di gedein,,, caranya tekan tombol S terus jumlah skalanya misalnya 70 atw 50, atu 90 terserah terus tekan ENTER… :v Hasilnya…
Kliatan kan udah ada lantainya...
Eeeemmm… kebawaain dikit alasnya, biar g’ kena langsung sama textnya… caranay tekan panah biru itu, terus geser ke bawah diiikiiiit ajjah.. :V
Terus kita masukin material ke alasnya biar tar kerasa jadi lantai beneran…Soo..sembari alasnya dalam terselect, beralih ke icon material, terus pilih “New” kayak yang udah dilakukin sebelumnya…


Setelah itu muncul menu baru, dan dibagian “Surface” pilih “Mix Shader”

Hasilnya kayak gini :
Terus set Shader pertama ke “diffuse”, shader kedua ke “glossy”

 Terus set “Roughness” Glossy BSDFnya ke 0, dan Fac-nya ke 0,3…
Oowh iyaah… itu warnanay default putih.. klu ada yang mw nyoba2 warna laen, silahkaan… J
Terus kita tambain fitur “collision” di alasnya biar sifatnya kyk lantai… Sooo.. beralih ke panel “Physics”…terus tekan “collision”

Setelah tekan “Collision” akan muncul fitur baru di bawahnya…Daaan…biar nilai2nya sprit itu ajjah… ;)
Berikutnya kita akan mengatur bagian pencahayaan, jadi sekarang giliran lampunya di-adjust, soo… klik kanan lampunya biar ke select,,, klu lampunya g’ kliatan, di zoom-out ajjah… sampe kliatan wkwkw… zoom-out pake middle mouse…
Pindain lampunya sehingga berada di belakang kamera seperti terlihat di bawah :
Terus klik property lampunya buat ngedit2 fitur2nya…
Naah sizenya di ubah jadi 5… abis itu tekan tombol “Use Nodes” seperti ditunjukkan panah merah yang paling bawah, setelah tekan tombol itu akan muncul menu baru, terus dari situ ganti nilai strengthnya jadi 5500..


Sampai di sini untuk part II ini... brrrr....perjalanan masih agk panjang... :)

No comments:

Post a Comment