Nah.. part 2 ini kita masih berada di panel particle, mmm… berikutnya adalah settingan untuk kecepatan partikelnya, diubah ajjah jadi nol seperti terlihat di bawah
Berikutnya kita tambain force field di partikelnya, makanya tadi kita ngeset kecepatannya jadi biar tar force fieldnya biar dengan mudah… btw.. sebelum nambain force field, klu tanpa kecepatan, hasil animasinya kayak diperlihatkan di bawah, jadi partikelnya nempel di textnya..
Okieee… mari
tambahkan force field… tekan SHIFT + A, terus akan muncul menu baru, terus
pilih “Force Field” terus pilih “Vortex”
Naaah… vortex yang
ini tuh kayak Kamui wkwkw… :D
Terus pindain
vortexnya ke tengah..
Terus vortexnya
dirotasiin lagi terhadap sumbu-x sebesar 900. Cara Rotasinya boleh
pake cara yang sebelumnya, tekan R terus X, terus angka 90. Tapi boleh juga
tekan R, terus X, terus puter2 mousenya ahahha.a.a…. terserah mau pake cara
yang mana… ;) setelah dirotasi hasilnya kayak gini :
Naah..sebelumn
kita jalanin lagi animasinya, gedein dulu tenaga vorteksnya, so klik icon
physics, terus set strengthnay keee… mmm…. 2 - 3 ajjah lah yaaah.. J
Terus silahkan
lihat sendiri animasinya….. Partikelnya bakalan muter2 ngikutin arah force field dari vortex...
Berikutnya kita
akan menambahkan key frame… key frame itu kayak event-event tertentu di dalam
animasinya… lebih jelasnya silahkan ikut step berikut… pertama-tama right-click
textnya (soalnya kita tadi masih milih yang vortex, makanya yang text HYOSOKA
harus di right click ), klu udah di right click, tar partikelnya jadi kuning
kayak di bawah :
Setelah itu balik
ke icon particle, terus ke bagian “Render” tepat di bagian emitter seperti
terlihat di bawah :
Emitter itu
nandain visibility text Hyosoka, jadi klu emitternya di centang berarti textnya
HYOSOKAnya keliatan, tapi klu g’ dicentang berarti g’ kliatan ahaha..simpel..
:v
Naaah… pastiin
posisi kursor frame kita berada di frame nol..terus arahkan mouse kita ke atas
emitter, terus tekan I,,,..mmm… mkin lebih jelas klu ngeliad video seperti
terlihat di bawah … J
{Maap... suara vidionya sereek...:v}
{Maap... suara vidionya sereek...:v}
Berikutnya kita
tambain lantai… so tekan SHIFT + A, terus pilih “Mesh” terus “Plane” seperti
terlihat di bawah :
Hasilnya :
Terus alasnya di
gedein,,, caranya tekan tombol S terus jumlah skalanya misalnya 70 atw 50, atu
90 terserah terus tekan ENTER… :v Hasilnya…
Kliatan kan udah ada lantainya...
Eeeemmm… kebawaain
dikit alasnya, biar g’ kena langsung sama textnya… caranay tekan panah biru
itu, terus geser ke bawah diiikiiiit ajjah.. :V
Terus kita masukin
material ke alasnya biar tar kerasa jadi lantai beneran…Soo..sembari alasnya
dalam terselect, beralih ke icon material, terus pilih “New” kayak yang udah
dilakukin sebelumnya…
Setelah itu muncul menu baru, dan dibagian “Surface” pilih “Mix Shader”
Oowh iyaah… itu
warnanay default putih.. klu ada yang mw nyoba2 warna laen, silahkaan… J
Terus kita tambain
fitur “collision” di alasnya biar sifatnya kyk lantai… Sooo.. beralih ke panel
“Physics”…terus tekan “collision”
Setelah tekan
“Collision” akan muncul fitur baru di bawahnya…Daaan…biar nilai2nya sprit itu
ajjah… ;)
Berikutnya kita
akan mengatur bagian pencahayaan, jadi sekarang giliran lampunya di-adjust,
soo… klik kanan lampunya biar ke select,,, klu lampunya g’ kliatan, di zoom-out
ajjah… sampe kliatan wkwkw… zoom-out pake middle mouse…
Pindain lampunya
sehingga berada di belakang kamera seperti terlihat di bawah :
Terus klik
property lampunya buat ngedit2 fitur2nya…
Naah sizenya di
ubah jadi 5… abis itu tekan tombol “Use Nodes” seperti ditunjukkan panah merah
yang paling bawah, setelah tekan tombol itu akan muncul menu baru, terus dari
situ ganti nilai strengthnya jadi 5500..
Sampai di sini untuk part II ini... brrrr....perjalanan masih agk panjang... :)
No comments:
Post a Comment