Di postingan ini
kita akan belajar tentang path & Bezier menggunakan blender 2.76 . Okie
pertama-tama silahkan jalankan blendernya…
Terus right-click
yang path, sehingga yang ke select sekarang pathnya bukan yang Bezier :
Sampai di sini,
curve beziernya udah bisa diapus soalnya udah g’ terhubung ke path yang udah
jadi mesh…. Yeeeei.. ini untuk yang BezierCurve… dibagian curve itu masih ada
circle, nurbCurve, & nurbCircle… ketiga fitur itu cara penggunaannya sama
ajjah… jadi silahkan di coba-coba sendiri, atuau kalau mau lanjut untuk yang
lingkaran silahkan lihat video berikut :
Setelah itu klik
di sembarang tempat biar overview blendernya ilang…
Naaah… hapus
kubusnya, dengan cara klik kanan pada kubus tersebut kemudian tekan tombol
delete di keyboard atau tombol x…
So sekarang
kubusnya udah ilang…Terus silahkan tekan SHIFT + A, pilih “Curve” terus
“Path”..
Zoom-in ke pathnya
biar kliatan, soalnya path itu agak kecil hehe.. :D
Terus masuk ke
“edit mode” dengan menekan tombol TAB di keyboard…
Terus silahkan
kasih bentuk ke pathnya yang bisa dilihat di video di bawah ;
Hasilnya :
Terus tekan SHIFT
+ A lagi di keyboard, masuk ke Curve, terus pilih yang “Bezier” seperti
terlihat di bawah :
Tampilan Bezier
kayak gini
Terus pindah ke
icon “edit object data” terus ganti bevel objectnya ke bezierCurve seperti
terlihat di bawah :
Naaah… kliatan kan
pathnya jadi berubah sesuai Bezier hehehe… :D… Jadi pathnya sekarang jadi
terhubung ke Bezier, sehingga apapun yang diubah ke Bezier, maka pathnya juga
akan ikut mengalami perubahan tersebut. Contohnya, beziernya kita ganti
resolusinya, so klik kanan beziernya, terus dibagian resolusi, ganti previewnya
jadi 1.
Jadi kliatan
pathnya ikut berubah juga. Jadi klu bezierCurvenya di delete, bidang di pathnya
juga akan hilang… :v… Nah gimana caranya biar Pathnya g’ terhubung ke Bezier
curve..??
Caranya adalah
pathnya di ubah ke mesh… So tekan ALT + C, terus pilih “Mesh from
Curve/Surf/Meta/Text
Naaah… pas udah
berubah jadi mesh, icon edit object buat pathnya udah berubah jadi mesh seperti
terlihat di bawah
No comments:
Post a Comment