Untuk mengikuti
tutorial di postingan ini, silahkan perhatikan “geometry, origin, dan 3D
cursor” pada gambar diatas. Kali ini kita akan bermain-main dengan ketiga objek
tersebut. Pertama kali kita masuk ke blender, tampilan utamanya tuh kayak gini
:
Nah misalkan kita
g’ sengaja klik kiri sembarangan di fieldnya sehingga cursor 3Dnya berpindah,
seperti gambar di bawah :
Yang itu g’ bisa
di control+Z lho…ehehe…Jadi cara balikinnya adalah tekan tombol shift + C, maka secara otomatis cursor
3Dnya akan balik ke titik 0,0 atau kembali posisi semula.
Naaah…berikutnya…
misalkan posisi cursor 3D udah g’ di titik awal, seperti di bawah :
Terus kita pengen
pindain origin ke cursor 3D tersebut, caranya adalah tekan tombol
CTRL+ALT+SHIFT+C, terus akan keluar menu baru :
Terus pilih yang
“Origin to 3D Cursor” daaan hasilnya :
Naaah… sekarang
klu kita pengen pindain yang Object 3Dnya atau geometrinya,, dengan cara yang
sama tekan CTRL+ALT+SHIFT+C, pilih yang “geometry to origin”
Hasilnya :
Naaah…sampai di
sini kita lihat bahwa Origin selalu mengikuti Cursor. Terus gimana klu mau
Cursor yang ngikuti Origin…?? Contohnya kayak gini :
Klu kayak gitu
tinggal tekan tombol SHIFT+S, terus akan muncul menu baru :
Daaan…masih ada
beberapa menu yang bisa dicoba dari SHIRFT+S ini…ehehe..Silahkan dipelajari
sendiri :v
Siips cukup
demikian postingan yang simple ini.. J
No comments:
Post a Comment